I just want to say..

Temen-temen semua, selamat datang di Blog-q..
Tolong kritik dan sarannya yach..
Jangan lupa komentarnya y...
Aq tunggu..

07 Januari 2009

Tulang Yang Dapat Disuntikkan Untuk Menyembuhkan Patah Tulang Dalam Keadaan Mendesak



Saya mengambil cuplikan artikel dari Discovery Channel dan menemukan terobosan yang luar biasa dalam menyembuhkan patah tulang. Biasanya dibutuhkan beberapa bulan untuk menyembuhkan patah tulang yang ringan sekalipun. Sekarang perusahaanU.K. RegenTec, Berharap untuk mempercepat proses penyembuhan dengan menyuntikkan serbuk putih yang dirancang untuk menutup patahan dalam hitungan menit.




"You won't be able to just walk out of a hospital with a broken leg," kata Robin Quirk, seorang profesior dari Universitas Nottingham yang menyelesaikan teknologi ini dengan Kevin Shakesheff dari Amerika. "What we are trying to do in the short term is have something that fills the void left by a break that acts like normal spongy bone and encourages natural regeneration."
Kini campuran antara keramik dan asam polylactic yang telah menjadi hak patennya diberi nama “Injectable Bone” atau tulang yang dapat disuntikkan.




Dalam suhu ruangan, materi ini berbentuk bubuk yang kaku. Sewaktu disuntikkan ke daerah yang patah, suhu tubuh manusia yang lebih tinggi menyebabkan kedua materi ini menyatu menjadi sponge keras yang mirip tulang asli.




Injectable Bone bukanlah satu-satunya perekat tulang yang ada. Namun beberapa darinya selalu mempunyai masalah. Beberapa kasus terjadi, materi yang disuntikkan mengeras atau meninggikan suhu tubuh di tempat patahan sehingga dapat merusak jaringan didekatnya.





Injectable Bone sebenarnya berperan untuk mendorong pertumbuhan tulang, ketika sel penghasil tulang dan obat pendukung pertumbuhan tercampur dalam bubuk tersebut. Ketika sel memenuhi lubang dengan tulang alami, Injectable Bone berubah menjadi asam lactic, yang merupakan senyawa yang juga diproduksi dalam tubuh.





"We can actually control the rate of degradation to tailor it to the individual's healing," kata Quirk. Injectable Bone tidak bermaksud untuk menambal retakan secara permanen, namun materi ini memberi waktu pada tubuh untuk memperbaikinya retakan secara alami.





Multiple fractures di tulang yang sama akan sulit diposisikan dan disembuhkan dengan baik. Untuk menahan fragmen tulang dalam posisi yang baik, dokter meletakkan pin dan rod yang dapat menyebabkan rasa sakit bila dikeluarkan nantinya. Injectable Bone dapat mengganti pin tersebut untuk membantu penyembuhan tulang, tutur beliau.





Perban tidak dibutuhkan lagi namun pasien boleh tetap memakainya bila mereka merasa takut patahannya terbuka lagi. Lem tulangnya memang dapat menyatu tapi tidak cukup kuat untuk menahan beratnya.





Injectable Bone dapat terjual dengan baik, kata Jennifer Elisseef, professor dari Universitas Johns Hopkins. Elisseef memiliki perusahaan sendiri, Cartilix, yang sedang mengusahakan materi yang dapat menggantikan tulang yang patah. "There is a lot of interest in bone filler materials from clinicians and from the military," kata Elisseef.





RegenTec menyatakan akan mendapatkan Injectable Bone di pihak negara dalam 18 bulan. “That's an optimistic number”, kata Elisseef, “adding that FDA approval will likely take longer than that.”





Dalam jangka panjang, Injectable Bone dapat juga menjadi Injectable Heart, kata Quirk: "Following a heart attack...the appropriate cells could be delivered to help re-grow tissue."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar