I just want to say..

Temen-temen semua, selamat datang di Blog-q..
Tolong kritik dan sarannya yach..
Jangan lupa komentarnya y...
Aq tunggu..

16 Desember 2008

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi atau penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau kelompok. Dengan kata lain, wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi berbagai masalah menyangkut kehidupan bermayarakat, berbangsa dan bernegara.


Wawasan Nusantara sebagai Pancaran Falsafah Pancasila

Wawasan Nusantara yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri serta lingkungannya berdasarkan pancasila dan UUD 45 untuk mencapai tujuan negara merupakan konsepsi yang cocok bagi masyarakat untuk dijadikan sebuah pandangan hidup. Dengan pandangan hidup yang berwawasan nusantara diharapkan agar ketertiban dapat dilestarikan, persatuan dapat ditegakkan, perbedaan menjadi kekayaan, perdamaian dunia dapat diwujudkan, dan keutuhan bangsa dapat direalisasikan. Pandangan yang berwawasan nusantara membuat masyarakat Indonesia dapat memahami falsafah Pancasila dengan baik. Yaitu dengan sila pertama agar masyarakat Indonesia beriman dan bertakwa kepada Yang Maha Esa, dengan sila kedua agar memiliki sifat kemanusiaan yang adil serta beradab, dengan sila ketiga agar menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, dengan sila keempat agar rakyat dapat dipimpin melalui hasil kesepakatan musyawarah dengan bijaksana, dan dengan sila kelima agar masyarakat Indonesia menyutujui sikap keadilan bagi bangsanya.
Jika pandangan hidup yang berwawasan nusantara dapat digunakan dalam kehidupan kita, maka kualitas hidup bangsa ikut turut meningkat. Karena itulah, diperlukan pandangan hidup yang berwawasan nusantara. Begitu pula bila menyangkut profesi kedokteran, implikasi wawasan nusantara juga terletak pada pandangan hidup seorang dokter. Diharapkan seorang dokter tidak melupakan wawasan nusantara sebagai pandangan hidup serta pandangan dalam etika profesinya. Dokter dituntut untuk mengerti makna wawasan nusantara dan mengilhaminya sebagai cara pandang terhadap pasien serta lingkungannya. Mengingat profesi dokter adalah penting di mata masyarakat, seyogyanya dapat menunjukkan sikap profesionalisme dengan wawasan nusantara sebagai pandangan hidupnya.



Ps: Jangan langsung dicopy paste... Coz ini merupakan pengarangan tingkat tinggi, harap dikarang lebih lanjut

2 komentar:

  1. makacih ya atas informasinya..................

    BalasHapus
  2. wah, oke nih...
    jdiin refernsi ya mbak...makasih :p

    BalasHapus