I just want to say..

Temen-temen semua, selamat datang di Blog-q..
Tolong kritik dan sarannya yach..
Jangan lupa komentarnya y...
Aq tunggu..

10 Desember 2008

Pengaruh Internet terhadap dunia kedokteran

Kemajuan jaman telah menuntun kita pada dunia kemajuan telekomunikasi dan informasi. Dalam hal ini tidak hanya dalam dunia komunikasi, dunia kedokteran juga terkena pengaruh mudahnya berinteraksi di dunia maya ini.
Beberapa pengaruhnya bertajuk pada perubahan dasar-dasar ilmu kedokteran dan membentuk karakter pasien dan dokter yang berbeda dari sebelumnya. Kini pasien dan dokter dapat mengintip dunia kedokteran dengan bantuan internet. Dunia kedokteran juga tidak bisa menghindari pengaruh perkembangan ini. Pengaruhnya terhadap dunia kedokteran antara lain:
@ Para kalangan medis di seluruh penjuru dunia dapat memecahkan suatu permasalahan medis secara bersama-sama dari tempat yang berbeda, melalui video konferens.
@ Pasien kini tidak hanya bergantung pada informasi yang diberikan oleh dokter tetapi juga informasi tentang penyakit dan penatalaksanaanya yang bisa secara lengkap dan bebas di internet.
@ Bagi kalangan medis pun, internet menyimpan ratusan juta data/informasi kedokteran yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan/referensi, baik berupa artikel-artikel kedokteran, buku-buku teks kedokteran elektronik, jurnal-jurnal ilmiah kedokteran dan aplikasi multimedia kedokteran yang sering digunakan dan belum banyak diketahui oleh kalangan medis
@ Suatu kemudahan yang ditawarkan di internet bagi kalangan medis untuk terus memperbaharui ilmunya setiap saat seperti yang diamanatkan oleh undang-undang pratik kedokteran. Jurnal kedokteran, database pasien, dan rekam medis pasien juga dapat ditemukan dan ditransfer melalui internet.
@ Pasien kini dapat berkonsultasi dengan seorang dokter secara online di internet setiap saat. Sebaliknya, dokter juga dapat memantau kemajuan terapi dari pasiennya.
@ Forum diskusi ilmiah kedokteran tidak hanya melalui berbagai discussion board yang ada di internet tetapi juga melalui banyak mailing list atau newsgroup dan dapat juga terjadi secara langsung dengan fasilitas chatting atau internet messaging.
@ Begitu eratnya kaitan pemanfaatan komputer dan teknologi informasi di bidang kedokteran telah memunculkan disiplin ilmu baru yaitu informatika kedokteran atau informatika kesehatan. Disiplin ilmu ini mencakup bioinformatika, informatika pencitraan, informatika klinis serta informatika kesehatan masyarakat. Riset dan aplikasi bioinformatika memfasilitasi upaya-upaya rekayasa genetik, penemuan vaksin, hingga ke riset besar tentang human genome project. Informatika pencitraan mengkaji aspek pengolahan data dan informasi digital pada level jaringan dan organ. Informatika klinis, yang menerapkan pada level individu (pasien), mengkaji mengenai berbagai inovasi teknologi informasi untuk mendukung pelayanan pasien, komunikasi dokter pasien, serta mempermudah dokter dalam mengumpulkan hingga mengolah data individu. Informatika kesehatan masyarakat yang berfokus kepada populasi untuk mendukung pelayanan, pendidikan dan pembelajaran kesehatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar