I just want to say..

Temen-temen semua, selamat datang di Blog-q..
Tolong kritik dan sarannya yach..
Jangan lupa komentarnya y...
Aq tunggu..

12 Desember 2008

Kaitan wasantara, geopolitik, dan geostrategi

Hari ini Surabaya di guyur hujan lebat, dan saya pulang dengan keadaan basah kuyup. Payung saya rusak dan tugas dari dosen yang saya bawa pulang membebani pikiran saya tiap detiknya. Lucunya, dalam situasi seperti ini, saya masih sempat untuk melamun, namun kali ini berbeda, karena saya yakin lamunan yang ini berkualitas.

Kuliah terakhir saya hari ini adalah matkul Kewarganegaraan, dan saya diminta dosen untuk menguras otak saya demi mendapatkan kesimpulan mengenai hubungan antara wasantara, geopolitik, dan geostrategi. Jujur ini adalah permasalahan paling sulit yang pernah saya pikirkan. Saya terbiasa berpikir tentang diagnosa, anamnesa, etika kedokteran, namun bila menyangkut hal-hal yang seperti ini, saya langsung berubah menjadi linglung. Jadi sepanjang perjalanan pulang saya memikirkannya matang-matang dan sesampainya di rumah saya berusaha menuliskannya.

Bila kita membuka google dan mengetik kata kunci wawasan nusantara, maka anda akan mendapatkan informasi yang cukup banyak untuk membuat suatu makalah, namun pada dasarnya (terlepas dari segala ribetnya) wasantara merupakan ‘cara pandang’, dan saya ingin menekankan bahwa wasantara bukan hanya sebuah ‘peta’ (memang merupakan gambaran dari wasantara, tapi kita harus dapat melihatnya lebih dalam lagi). Wasantara adalah cara pandang dan sikap kita (bangsa Indonesia) tentang diri kita dan lingkungannya (maksudnya geografisnya, ekonomi, politik, kebudayaan, bahasa, dll) untuk mencapai tujuan Negara (terdapat dalam Pembukaan UUD45). Sebagai tambahan, wasantara merupakan wawasan nasional milik negeri Indonesia (Negara berbeda memiliki wawasan nasional yang berbeda pula). Jadi jangan tanyakan pada negeri lain, apa definisi wawasan nusantara, karena sebenarnya kitalah yang seharusnya lebih menguasai konsep wasantara daripada negeri lain.

Teori menyebutkan (referensi: indoskripsi) salah satu factor yang mempengaruhi wasantara diantarannya adalah geopolitik dan geostrategi. Tapi jujur saya masih bingung dengan hubungan wasantara antara keduanya.Untung saja saya berkelompok dengan saudara Hartas (teman seperguruan saya, rival dan tutor agama saya) dan Uum (Mami saya yang masih berusaha mengarahkan saya ke jalan yang benar dan sekaligus teman seperguruan saya). Mereka menerangkan pada saya dengan giat, agar saya paham. (saat itu saya dan Zie adalah sasaran empuk limpahan hasil kesimpulan mereka) Namun dengan demikian, saya memiliki perspektif yang jelas tentang hubungan wasantara dan geopolitik serta geostrategi.

Untuk mencapai tujuan nasional, kita perlu menganalisa sebuah konsep dan teori tertentu yang cocok dengan kondisi negeri kita. Inilah yang disebut geopolitik. Geopolitik merupakan disiplin ilmu, dan ilmu ini memepelajari tentang fenomena politik yang timbul karena aspek geografis sebuah Negara. (bagi Indonesia: Negara kepulauan dengan pusat persilangan antar 2 benua, keanekaragaman flora dan fauna, lautan yang demikian luasnya, terapit oleh 2 ideologi liberal dan komunis, ekonomi kapitalis dan sosialis, iklimnya yang tropis, dll. Pasti menimbulkan fenomena politik yang unik dibandingkan dengan Negara lainnya)

Untuk menjalankan sebuah teori atau konsep tersebut, kita memerlukan strategi. Inilah yang disebut geostrategi. Geostrategi merupakan politik dalam pelaksanaan, dan pada hakekatnya dia memerlukan intuisi, perasaan, dan hasil pengalaman (sejarah perjuangan bangsa) agar dapat dijalankan dengan baik. Geostrategi merupakan langkah-langkah atau sebuah cara atau strategi untuk dapat mewujudkan tujuan negara dengan memandang geopolitik yang ada di negeri kita.Yah, kita bisa menggambarkan dengan cara ini, wasantara adalah obyek yang diteliti, geopolitik adalah buku pedoman atau hasil penelitian (teori), dan geostrategi adalah langkah-langkah aplikasinya (cara memanfaatkan, cara melindungi, dll).

Wawasan nusantara, geopolitik, dan geostrategi tak dapat dipisahkan. Tidak akan tercipta wawasan nusantara yang utuh tanpa adanya geopolitik dan geostrategi. (mengingat wasantara bukan hanya peta tapi merupakan cara pandang) Untuk mengajak masyarakat mewujudkan cita-cita negara, kita harus mengubah perspektif (cara pandang==>wasantara) masyarakat untuk lebih menyanyangi dan merasa memiliki Indonesia, dalam hal ini kita butuh geopolitik dan geostrategi. Bila salah satu dari geopolitik atau geostrategi mengalami gangguan maka tujuan negara tidak akan tercapai. ( jika memiliki buku pedoman saja atau cara aplikasi saja maka obyek penelitian yang kita teliti tak bisa kita telaah secara utuh).

Jika digambarkan, bila wasantara adalah bulatan besarnya maka geopolitik dan geostrategi merupakan 2 bulatan kecil di dalamnya. Maka itu dapat disimpulkan geopolitik dan geostrategi di indonesia adalah merupakan wasantara itu sendiri. Apa hubungan wasantara dengan ketahanan nasional? Ketahanan nasional merupakan sebuah ’kondisi’ yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional berjalan dengan sukses (dari indoskripsi). Wasantara dan ketahanan nasional merupakan konsepsi dasar yang saling mendukung untuk mencapai tujuan negara. Sedangkan ’usaha’ untuk mencapai ketahanan nasional (karena merupakan sebuah cara untuk mewujudkan cita-cita negara) merupakan geostrategi.

(lamunan pulang kuliah, pemikiran dari berbagai sumber)

9 komentar:

  1. bagaimana cara melakukan analisis geopolitik

    BalasHapus
  2. tanggapan:

    Bagi sy, Wasantara tdk identik dg Geopolitik plus Geostrategi. Wasantara adl politik ruang hidup bangsa Indonesia (the politic of the spatiality), sdgkan Ketahanan Nasional Indonesia adl: 1)Konsepsi ttg bgmn ruang hidup bangsa Indonesia dg segenap isinya harus dikelola utk mencapai kesejahteraan rakyat. Dan 2) Kondisi yg ingin diwujudkan olh bangsa Indonesia, sbg pra syarat dicapainya tujuan nasional.

    BalasHapus
  3. Wasantara tidak identik dg Geopolitik plus Geostrategi.
    Wasantara adl "the politic of the spatiality" Indonesia.
    Sedangkan Ketahanan nasional Indonesia adl "strategi" ttg pengelolaan ruang hidup bangsa indonesia dengan segenap isinya.Ini yg disebut dg TANNAS sbg konsepsi.
    Sedangkan TANNAS sbg kondisi adl "surviving profile" bangsa Indonesia yg dikehendaki utk diwujudkan krn bangsa Indonesia yakin bhw hanya dg mewujudkan kondisi TANNAS terlebih dulu maka tujuan nasional bisa tercapai.

    BalasHapus
  4. Pendapat anda benar.Namun bukankah, politic in sendiri (wasantara) juga merupakan strategi.
    Saya ingin tahu, apa pendapat anda tentang wawasan nusantara in sendiri. Sebatas apa yang saya ketahui, saya juga ingin belajar pada anda sekalian. Analisis saya sudah cukup jelas tertulis di atas, namun bila ada kekurangan, saya akan sangat berterimakasih bila anda mau berbagi.

    BalasHapus
  5. Geopolitik merupakan disiplin ilmu, dan ilmu ini memepelajari tentang fenomena politik yang timbul karena aspek geografis sebuah Negara.
    Geopolitik merupakan politik yang "lahir" dari keadaan geografis sebuah negara. Saya sudah menuliskan contohnya diatas... Analisisnya sendiri, saya belum mengupasnya lebih dalam lagi. Apakah anda memiliki gambaran lain?

    BalasHapus
  6. Dan Politik sendiri, meski "sbagian". memiliki arti:
    Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

    Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

    Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

    -politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
    -politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
    politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
    -politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

    BalasHapus
  7. geopolitik kita sedang terganggu !!!!!!!!!!

    BalasHapus
  8. mbak, boleh minta artikelnya utk makalah pkn saya ya..
    saya juga kuliah kdi ilmu kesehata dan pusing dgn pkn, jd saya cari topik yg saya sukai saja seperti geostrategi ini...

    BalasHapus
  9. Boleh saja.. Tapi,cantumkan artikel lain yang mendukung. Karena artikel yang saya buat belum tentu sempurna kan? hehe.. Sukses buat makalahnya..:)

    BalasHapus